Monday, November 25, 2013

Simposium "Seks, HIV-AIDS dan Narkoba dikalangan Mahasiswa"


Dalam rangka Dies Natalis Universitas Trisakti ke-48 Pusat Pelayanan Konseling, Informasi Dan Edukasi Kesehatan Reproduksi (KIE-KESPRO) mengadakan Simposium "Seks, HIV-AIDS dan Narkoba dikalangan Mahasiswa, Harapan dan Tantangan: Mewujudkan akses kesehatan reproduksi remaja dan mahasiswa upaya pencapaian generasi emas"  Sabtu, 30 November  2013 (Auditorium Kampus B)

Latar Belakang

Kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan dalam semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, serta fungsi dan prosesnya. Aspek hak dan kesehatan reproduksi juga sangat luas, karena menyangkut seluruh siklus kehidupan manusia, yaitu mulai dari kehamilan, kelahiran, masa kanak-kanak, remaja, dewasa, sampai dengan masa usia lanjut. Dengan kompleksitasmulai dari masalah kehamilan dan persalinan, penyakit-penyakit menular seksual dan penyakit degeneratif, faktor penyebab yang melatarbelakanginya juga bermacam-macam, mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, agama, sosial budaya, juga termasuk didalamnya masalah ketidaksetaraan gender dalam keluarga dan masyarakat.
Seiring dengan paradigma baru yang ditampilkan konsep kesehatan reproduksi dan hak-hak reproduksi ini adalah, perlunya keterpaduan tidak hanya KIA dan KB, tetapi juga meminta komitmen program lain dalam konteks pelayanan kesehatan dasar, misalnya program penanggulangan Infeksi Menular Seksual (IMS), peningkatan peran pria/suami dalam program KIA serta penanganan program/upaya yang lebih ke hulu seperti kesehatan reproduksi remaja.
Kesehatan reproduksi remaja merupakan aspek yang sangat penting, mengingat generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa adalah generasi emas penerus bangsa, yang rentan dan mempunyai risiko tinggi terhadap kesehatan reproduksi, penyalahgunaan narkoba dan penularan penyakit HIV/AIDS.
Universitas Trisakti sebagai salah satu institusi pendidikan di Indonesia, yang menaungi civitas akademika dan para mahasiswanya, juga memiliki tanggungjawab untuk ikut berperan dalam sosialisasi dan mewujudkan akses kesehatan reproduksi bagi remaja dan mahasiswa (berupa Pusat Pelayanan Konseling Informasi dan Edukasi Kesehatan/KIE-KESPRO), sebagai upaya pencegahan dan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas  baik jasmani maupun rohaninya. 
Tujuan
Pemahaman hak hak reproduksi di kalangan remaja dan mahasiswa
  1. Meningkatkan pengetahuan tentang kesehatanreproduksidikalangan remaja dan mahasiswa
  2. Meningkatkan kepedulian dan sosialisasi tentang ancaman Triad : Sex bebas-NAPZA-HI V/AI DS, pada siklus  kehidupan remaja dan mahasiswa
  3. Memberikan informasi tentang pelayanan kesehatan reproduksi dikalangan pelajar dan mahasiswa
  4. Meningkatkan akses pelayanan kesehatan reproduksi di kalangan remaja dan mahasiswa
  5. Melibatkan mahasiswa  sebagai pendidik sebaya (peer educator)
  6. Realisasi terbentuknya Pusat Pelayanan Konseling Informasi dan Edukasi Kesehatan Reproduksi (KI E-KESPRO) Universitas Trisakti
Target peserta adalah dokter, alumni, mahasiswa di lingkungan Universitas Trisakti dan BEM Universitas di wilayah DKI Jakarta 

Sabtu, 30 November 2013, Jam 07.45-13.00 wib
Auditorium Kampus B, 
Fakultas Kedokteran
Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa No. 260 Grogol, 
Jakarta 11440


CONTACT PERSON
dr. Kirana Anggraini : 081319828362,
email : kirana929malik@yahoo.com
dr. Erita Istriana, Sp.KJ : 0818749355, email :
hey_eta@hotmail.com
dr. Hans Utama Sutanto, Sp.KK : 08174847458, 
email : hans.utama@yahoo.com
DR. dr. Assangga Guyansyah, Sp.OG.,
K-FER, M.kes : 0816825942, email :
assanggaguyansyah@trisak.ac.id

3 comments: